Tips Bagaimana Cara Memilih Template yang Baik dan Benar


Cara memilih template blog yang baik dan benar - Sebenarnya setiap orang punya hak untuk memilih template apa yang akan dipasang pada blog. Terkadang kita memilih template yang berlebihan dengan tujuan blog kita menjadi keren dan menarik. Tapi diera blog kekinian template menarik tidak dipentingkan lagi, yang terpenting adalah template simple dan disertai konten yang bermutu. Contohnya seperti saya mengikuti lomba blog, yang dinilai bukan lagi tampilan melainkan konten dari suatu blog yang kita tulis.

Tetapi sangatlah perlu diperhatikan ketika memilih template blog, walaupun template itu simple yang sudah saya bilang tadi, kita juga harus memperhatikan struktur kode dari sebuah template blog. Apakah template yang kita gunakan sudah memenuhi ketentuan yang sudah ditetapkan search engine? dan fakta membuktikan bahwa, walaupun template semenarik mungkin kemudian sangat sepi pengunjung itu bisa jadi dikarenakan oleh template blog yang tidak SEO Friendly.
Baca Juga : Download Template New Minima SEO Friendly
Lalu bagaimana kriteria untuk memilih template yang tepat ? mungkin kita mengacu bukan kepada tampilan nya. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

Tips menentukan template yang tepat :

1. Responsive
Pemilihan template yang responsive ini sangatlah penting. Karena untuk saat ini kebanyakan orang searching tidak menggunakan komputer atau pergi kewarnet lagi. Mereka lebih suka browsing menggunakan smartphone. Oleh karena itu template yang kita pilih haruslah responsive. Mungkin manfaatnya sangatlah besar karena blog kita mengacu pada MobileGeddon yang maksudnya mobile friendly atau sesuai dengan layar smartphone. Search engine google sangatlah menyukai template yang responsive.

2. Fast Loading
Mesin search google sangatlah menyukai template yang memiliki tingkat loading yang cukup cepat. Mengapa demikian ? karena kebanyakan dari pengunjung suka kepada blog yang fast loading, jika tidak maka pengunjung akan pindah ke blog sebelah. Biasanya blog yang memiliki loading diatas 4-5 detik itu saja sudah ditinggalkan para pengunjung dan juga biasanya diabaikan oleh serach engine google, itu merupakan fakta. Mulai dari sekarang pilihlah template blog yang fast loading.

3. Clean dan User Friendly
Maksudnya adalah kita menggunakan template yang sederhana dalam artian pengunjung dapat dengan mudah mencari apa yang dia inginkan. Mungkin pengunjung akan betah berlama-lama diblog kita bahkan bisa menjadi pengunjung setia. Template yang seperti ini juga sangat disukai google apabila tampilan sangatlah rapih dan enak dilihat/dipandang. Google aja seneng masa kamu enggak :)

Ketika mancari template gunakan kriteria yang sudah saya jelaskan diatas ya. Tetapi jika sudah memiliki kandidat template yang sesuai dengan kriteria diatas janganlah langsun anda gunakan.
Cobalah cek menggunakan Template Testing Tools. Bagaimana caranya simak langkah-langkanya dibawah ini :

1. Responsive Test Template
Cek lah template anda apakah template itu benar-benar responsive dengan mengunjungi website http://ami.responsivedesign.is/ kemudian masukan url blog anda dan cek. Contohnya seperti gambar dibawah ini.


2. Struktur Data/Script Tools
Kemudian cek juga apakah template yang kalian pilih mempunyai struktur kode yang bagus. Caranya kunjungi website https://developers.google.com/structured-data/testing-tool/  masukan url blog kalian dan cek. Contohnya seperti gambar dibawah ini.


3. Cek SEO Template
Pengujian yang satu ini termasuk penting ini dilakukan untuk mengetahui apakah template yang kalian pilih memliki nilai SEO yang cukup tinggi. Kunjung website http://chkme.com/page-seo-tools kemudian masukan url blog kalian dan cek. Contohnya sepeti gambar dibawah ini.

Baca Juga : Cara Menyesuaikan Gambar Artikel agar SEO Friendly
4. Mengukur Kecepatan Blog
Sampai juga dipengujian yang terakhir, yaitu mengecek kecepatan loading template kita, dengan mengunjungi https://gtmetrix.com/  seperti yang tadi masukan url blog sobat dan cek. Contohnya seperti gambar dibawah ini. Template saya termasuk sangat lambat karena terlalu banyak widget dan gambar yang terlalu besar ukurannya.


Udah ya hihihi, demikian share tentang cara bagaimana cara memilih template yang baik dan benar. Mungkin cuman segitu yang saya tahu. Semoga bermanfaat bagi agan-sista yang membacanya dan juga menerapkannya. Jika ada kekurangan atau kesalahan tulis dikolom komentar ya :) kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tips Bagaimana Cara Memilih Template yang Baik dan Benar"

  1. ternyata banyak juga yah syarat milih template yang bagus, dulu tak kira cuma asal bagus tampilannnya saja, terimakasih infonya.

    ReplyDelete