Panduan Memasang Widget di Blog untuk Pemula


Cara Memasang Widget di Blog - Sebelum YogiKeling SITE menjelaskan tentang cara memasang widget, kita harus tau dulu apa itu widget ? apa fungsi widget ? Oke, akan saya jelaskan.
Widget merupakan fitur yang terdapat di blog, ada yang sudah disediakan oleh blogger dan ada juga yang kita buat sendiri menggunakan kode html/javascript. Widget yang terdapat di blog biasanya berupa gambar, vidio, recent post, label, dll. Widget ini merupakan hal yang penting karena widget bisa dikatakan sebagai pelengkap dari suatu blog. Perlu diketahui juga fungsi widget adalah sebagai hiasan untuk memperindah suatu blog dan bisa juga memudahkan pengunjung mengexplore blog kita. Contohnya widget label, pengunjung bisa mencari kumpulan artikel yang ingin dia cari hanya dengan mengklik label.
Baca Juga : Cara Memasang Widget CCTV di Blog
Widget bisa dipasang dimana saja, bisa di sidebar, footer. Tetapi tempat yang ideal untuk memasang widget adalah dibagian disidebar/dibagian samping.

Sekedar saran, sebaiknya sebagai blogger pemula kita tidak perlu memasang widget yang tidak penting. Kerena biasanya orang yang beru mengenal blogger lebih suka memasang widget daripada menulis artikel. Biasanya sih memasang widget yang banyak membuat blog semakin cantik, namun kenyataannya tidak. Oleh karen itu kita harus bijak dalam memasang sebuah widget.

Semakin banyak widget bisa membuat blog kita menjadi lemot untuk diakses. Hal itu yang tidak disukai pengunjung. Lalu widget apa saja yang seharusnya dipasang di blog kita ? Widget yang seharusnya dipasang di blog kita adalah :

1. Widget Entri Populer

2. Widget Label
'
3. Widget Arsip 

4. Widget Profil

Oh, cuman segitu widget yang harus dipasang. Boleh kita tambah lagi gak widgetnya ? boleh saja asal widget tersebut memberikan manfaat bagi pengunjung contohnya widget translate. Widget diatas merupakan widget bawaan blogger. Biasanya sih widget yang banyak dipasang widget HTML/Javascript, Biasanya script tersebut berisi iklan adsense. Lalu bagaimana cara memasang widget blognya ? Simak tutorialnya dibawah ini ya :)
Baca Juga : Cara Memasang Widget Popular Post Warna Warni Keren

Cara Memasang Widget di Blog :


1. Login kedalam dashboard blogger kalian http://www.blogger.com/

2.  Masuk ke menu Tata Letak 

3. Kemudian pilih dimana kalian akan memasang widgetnya. Klik Tambahkan Gadget



4. Pilih widget apa yang ingin kalian pasang. Disini saya mencontohkan memasang widget bawaan blogger yaitu Arsip Blog. Jika sudah klik dan atur seperti gambar dibawah ini. Apabila sudah fix klik simpan.

 

5. Lihat hasilnya. Semoga berhasil ya :)
Untuk cara memasang widget yang lain sama saja ya caranya seperti tutorial diatas.

Sekian tutorial tentang cara menasang widget di blog untuk pemula. Semoga bermafaat bagi kalian yang membaca. Keep Spirit ... Salam Blogger.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Memasang Widget di Blog untuk Pemula"

Post a Comment

Tolong Patuhi Peraturan Berkomentar di Blog's YogiKeling SITE
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Dont Spam
3. No Porn dan Sara
4. Jika berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan di hapus
5. Semua komentar pasti saya baca tapi tak semua bisa di balas