Contoh Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi


Contoh peralatan teknologi komunikasi dan informasi - Untuk era saat ini kita harus memahami mengenai alat-alat yang dapat kita gunakan untuk berkomunikasi dan bertukar informasi. Mungkin pada zaman dahulu kita berkomunikasi menggunakan kaleng yang dihubungkan dengan benang dan hanya dapat digunakan dengan jarak terbatas. Berbeda dengan dekarang kita dapat bertukar informasi dengan sangat cepat. 

Pada artikel sebelumnya YogiKeling SITE sudah membahas mengenai pengenalan teknologi informasi kumunikasi. Setelah itu akan dilanjutkan pembahasan mengenai macam-macam alat untuk bertukar informasi. Ada banyak disekeliling kita peralatan yang dapat kita gunakan untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Materi ini saya ambil dari pelajaran SMP Kelas VII. Peralatan teknologi informasi yang sering kita pakai dirumah contohnya komputer, televisi dan radio. Sedangkan alat teknologi komunikasi seperti telepon / smartphone. Untuk penjelasan detailnya simak dibawah ini

Contoh Peralatan Teknologi Informasi

Berikut adalah alat-alat untuk mendapatkan informasi dalam kehidupan sehari-hari.

1. Komputer / Laptop

Saat ini komputer dirancang untuk memudahkan kita dalam melakukan sesuatu dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena ukuran komputer saat ini dibuat lebih ringan, hingga dibuatlah sebuah inovasi yaitu laptop yang dapat kita bawa kemana saja. Dengan begitu kita dapat bertukar informasi dari mana saja selagi masih terhubung dengan internet. 

2. Radio

Radio adalah alat yang dapat digunakan untuk menangkap informasi berupa suara ataupun sinyal melalui gelombang elektro magnetik. Namun saat ini sudah jarang orang yang memiliki radio, dengan bukti bahwa kita dapat mendengarkan radio menggunakan laptop ataupun smartphone kita. Bisa dikatakan radio sudah mulai tergantikan oleh pertalatan yang lainnya. Namun orang-orang yang masih tinggal didaerah pegunungan yang jarang sinyal mereka masih eksis menggunakan radio untuk mendapatkan berita/informasi.

Baca Juga : Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi

3. Televisi

Semua orang pasti sudah mempunyai TV dirumah. Televisi merupakan alat teknologi informasi yang banyak digunakan saat ini. Tapi mengapa televisi sangat populer ? mungkin alasannya adalah karna televisi merupakan salah satu alat penerima informasi berupa gambar dan suara secara langsung. Televisi dapat menerima sinyal dari satelit. Faktor inilah yang dapat membuat kita suka menonton televisi selain hiburan yang kita dapat, kita juga bisa mendapatkan informasi secara langsung baik dari negara kita maupun dari negara lain.

Contoh Peralatan Teknologi Komunikasi

1. Telepon / Handphone

Telepon merupakan alat telekomunikasi yang digunakan untuk menerima dan mengirim suara secara langsung menggunakan jaringan telepon. Kita dapat berkomunikasi secara jarak jauh. Telepon sendiri diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Bisa dibilang alat ini sangat praktis untuk kita berkomunikasi. Tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi via suara dengan telepon kita juga dapat berkomunikasi via sms. Pada zaman dahulu telepon hanya dapat digunakan dirumah atau diwartel saja, namun saat ini telepon sudah berinovasi menjadi handphone yang dapat kita bawa kemana-mana. Fungsi handphone saat ini tidak hanya dijadikan alat berkomunikasi saja namun sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Tipe-tipe handphone sekarang sudah bermacam-macam mulai dari kamera yang bagus, spesifikasi yang cukup tinggi untuk bermain game dan lainnya.

Sekian artikel tentang contoh peralatan teknologi informasi komunikasi semoga dapat bermanfaat. Mungkin hanya itu yang dapat saya jelaskan diatas. Jika teman-teman ada yang ingin menambahkan alat yang lain yang kita gunakan sehari-hari bisa tulis dikolom komentar biar dapat kita bahas bersama.

Salam Blogger Lampung

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Contoh Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi"

  1. Waah kamu juga dari lampung toh hihihi

    Aku jarang bangt dngerin radio😀gak telaten dengernya

    ReplyDelete
  2. Radio skrg ttp eksis dengan streaming

    ReplyDelete