Pengertian dan Perbedaan Partisi MBR dan GPT


Pengertian perbedaan disk MBR dan GPTSetiap melakukan istall ulang sistem operasi pasti kita melakukan yang namanya format partisi atau membuat partisi disk. Nah, perlu diketahui untuk partisi disk itu ada yang MBR dan GPT. Biasanya MBR itu untuk partisi instalan OS ( localdisk C ). Mungkin langsung dipahami saja pengertian disk MBR dan GPT.

Pengertian MBR ( Master Boot Record )

MBR adalah tipe partisi dari boot sector pada saat harddisk pertama kali di partisi. MBR mengatur mengenai logical partisi dan juga berisi file system yang memiliki fungsi mengatur system itu. Partisi MBR ini hanya mensupport penyimpanan maksimum 2tb saja. Untuk era sekarang ini nampaknya penyimpanan 2tb itu kurang sekali ya mengingat ukuran file saat ini sangatlah besar untuk 1 ukuran foto saja. Dari sebagian besar orang sekarang sudah berpindah dari partisi MBR ke GPT dengan alasan bisa menyimpan file lebih besar dari 2tb. Biasanya sih MBR untuk partisi sistem operasi dan GPT untuk partisi file dll.

Pengertian GPT ( GUID Partition Table )

Untuk pengertian GPT seharusnya kalian sudah paham apabila sudah membaca pengertian dari partisi MBR. GPT adalah bagian dari EFI system, yang merupakan standar layout table dari partis harddisk yang menggunakan Global Unique Identifier, dan tujuan dari GPT ini adalah untuk menutupi partisi dari MBR yang hanya menyediakan peyimpanan 2tb saja. Apabila kita menggunakan partisi GPT ini, kita bisa menyimpan hingga 9,4 ZB dan kita bisa format sampai 128 partisi lho.


Perbedaan Partisi MBR dan GPT

Dari pengertian diatas mungkin dari sebagian kalian sudah paham apasaja sih bedanya. Nah, untuk kalian yang kurang jelas simak penjelasan perbedaannya dibawah ini

1. MBR hanya support 4 partisi saja, GPT bisa support sampai 128 partisi.

2. Size penyimpanan MBR hanya 2tb saja sedangkan GPT bisa sampai 9,4 ZB (Zetabyte)

3. Dipartisi MBR apabila kita ingin membuat 4 partisi kita harus menjadikan salah 1 partisi menjadi extended, dan sisanya baru dibuat menjadi partisi logical. Kalau di GPT kita tidak perlu membuat 1 partisi extended.

4. Partisi MBR dapat dijalankan disemua sistem operasi, Partisi GPT dapat digunakan di sistem operasi XP 64 bit dan diatasnya.

5. Untuk booting 32bit menggunkan partisi GPT hanya bisa untuk windows 8 saja, dan untuk sistem operasi lain tidak didukung oleh GPT. 


Sekian artikel tentang pengertian dan perbedaan mbr dan gpt. Sekarang jadi tau bukan apa bedanya mbr dan gpt. Nah untuk kalian yang masih menggunakan partisi mbr dan ingin mengubahnya, ikuti Cara memformat disk mbr ke gpt. Apabila ada yang kurang paham tulis dikolom komentar ya :)


Sumur 


Salam Blogger Lampung 


Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Pengertian dan Perbedaan Partisi MBR dan GPT"

  1. Trims infonya mas, apakah keduanya dijalankan pake aplikasi misalnya magicpartisi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kedua partisi bisa bejalan bersamaan mas pakai magicpartisi dll, namun lebih mudah managenya via disk management

      Delete
  2. Mungkin maksudnya partition magiq atau lebih dikenal dengan pqmagic. Versi berapa ya mas yang bisa bikin GPT.

    ReplyDelete
    Replies
    1. format lewat disk management saja, lebih mudah tidak perlu download apl lagi

      Delete