Cara Memasang Widget Komentar Di Blog


Cara memasang widget komentar - Komentar merupakan salah satu aspek penting untuk penilaian kepada artikel yang sudah kita buat. Terkadang pengunjung blog yang merasa terbantu dengan artikel/tutorial dari sebuah blog mereka akan meninggalkan jejak dengan sebuah komentar. Apabila blog kita berisi tutorial, biasanya pengunjung akan membaca komentar terlebih dahulu agar tutorial yang mereka ikuti tidak sesat. Nah, tutorial kali ini akan membahas bagaimana menampilkan komentar terbaru di sidebar, footer dll. Mengapa kita harus memasang widget ini ? Karena bisa memudahkan pengunjung untuk melihat artikel/tutorial apa yang ramai didiskusikan.

Bagaimana cara memasang widget komentar ? Caranya cukup mudah disini YogiKeling SITE sudah mempunya scriptnya dalam bentuk Javascript + CSS. Untuk cara memasangnya simak langkah-langkahnya dibawah ini :)

Cara Memasang Widget Komentar Terbaru Keren di Blog

1. Login kedalam Dashboard Blogger

2. Masuk ke menu Tata Letak - Tambahkan Gadget + HTML/Javascript. Pilih dimana kalian ingin meletakan widget tersebut.


3. Kemudian copy script dibawah ini dan paste di HTML/Javascript yang sudah kita tambahkan tadi.

<script type="text/javascript">
var a_rc = 5;
var m_rc = false;
var n_rc = true;
var o_rc = 100;
function showrecentcomments(e){for(var r=0;r<a_rc;r++){var t,n=e.feed.entry[r];if(r==e.feed.entry.length)break;for(var i=0;i<n.link.length;i++)if("alternate"==n.link[i].rel){t=n.link[i].href;break}t=t.replace("#","#");var a=t.split("#");a=a[0];var c=a.split("/");c=c[5],c=c.split(".html"),c=c[0];var s=c.replace(/-/g," ");s=s.link(a);var o=n.published.$t,l=(o.substring(0,4),o.substring(5,7)),u=o.substring(8,10),m=new Array;if(m[1]="Jan",m[2]="Feb",m[3]="Mar",m[4]="Apr",m[5]="May",m[6]="Jun",m[7]="Jul",m[8]="Aug",m[9]="Sep",m[10]="Oct",m[11]="Nov",m[12]="Dec","content"in n)var d=n.content.$t;else if("summary"in n)var d=n.summary.$t;else var d="";var v=/<\S[^>]*>/g;if(d=d.replace(v,""),document.write('<div class="rcw-comments">'),1==m_rc&&document.write("On "+m[parseInt(l,10)]+" "+u+" "),document.write('<span class="author-rc"><a href="'+t+'">'+n.author[0].name.$t+"</a></span> commented"),1==n_rc&&document.write(" on "+s),0==o_rc)document.write("</div>");else if(document.write(": "),d.length<o_rc)document.write("<i>&#8220;"),document.write(d),document.write("&#8221;</i></div>");else{document.write("<i>&#8220;"),d=d.substring(0,o_rc);var w=d.lastIndexOf(" ");d=d.substring(0,w),document.write(d+"&hellip;&#8221;</i></div>"),document.write("")}}}
</script><script src=http://yogikeling.blogspot.com/feeds/comments/default?alt=json-in-script&callback=showrecentcomments></script>
<style type="text/css">
.rcw-comments a {text-transform: capitalize;}
.rcw-comments {border-bottom: 1px dotted;padding: 7px 0;}
</style>
Untuk mensetting tampilannya widget komentar terbarunya:

- Penting! Ganti url ( http://yogikeling.blogspot.com ) yang berwarna merah dengan url blog kalian.
- Tentukan jumlah komentar : var a_rc = 5;
- Apabila ingin memunculkan tanggal komentar : var m_rc = false; Ganti false menjadi True
- Untuk menyembunyikan judul postingan : var n_rc = true; ganti True menjadi False


4. Jika sudah klik Simpan

5. Lihat hasilnya apakah komentar terbaru kita tampil dari widget yang sudah kita tambahkan tadi. Apabila berhasil maka tampilannya seperti gambar dibawah ini.



 Mungkin kurang lebih seperti itu cara menampilkan komentar terbaru diblog. Semoga tutorial kali ini bermanfaat. Apabila kalian mencoba tidak berhasil tulis dikolom komentar.

Salam Blogger Lampung


Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Cara Memasang Widget Komentar Di Blog"