Cara Mudah Membuat Formulir Kontak di Blog


Cara membuat form kontak - Halaman kontak merupakan salah satu hal yang wajib ada pada sebuah website. Halaman ini biasanya berisi kontak pemilik website, dll. Halaman kontak ini biasanya diletakan dimenu navigasi dan dibuat melalui halaman statis. Terkadang kita membuat halaman ini harus melakukan coding terlebih dahulu. Tutorial kali ini akan memberikan tips n trik membuat form kontak mudah dan keren seperti gambar yang ada di atas. Cara membuatnya dengan cara online melalui website https://www.123contactform.com/. Disitu kita bisa menentukan nama form apasaja yang akan kita buat. Misal nama, email, pesan dll. Disitu kita disuruh memilih paket untuk membuat formnya. Untuk paket yang free kita diberikan 5 form gratis. Apabila ingin lebih kita harus upgrade menu form tersebut.
Baca Juga : Cara Menampilkan Menu Penghasilan Adsense di Blog
Cara membuatnya cukup mudah. Hanya tinggal sign up dan kemudian buat form seperti yang kita inginkan. Kita juga bisa memilih template untuk form kita. Untuk lebih jelasnya simak tutorialnya dibawah ini :

Cara Membuat Form Kontak Menggunakan 123ContactForm
1. Buka website https://www.123contactform.com/. lalu pilih Sign up for free


2. Lalu akan dialihkan ke halaman pemilihan paket form. Pilih saja yang Basic Free Always

3. Kemudian kita disuruh mengisi email untuk sign up. Isi seperti yang diminta
    Jika sudah klik Create
4. Lalu Login. Ketika sudah login maka kita pilih menu New Form - Create Form


5. Kemudian pilih apa saja yang ingin kalian buat, Short Text, Long Text, Dll. Contohnya seperti gambar dibawah ini kurang lebih

6. Apabila sudah kalian buat formnya, tinggal klik publish saja dan kemudian ambil kode HTML dari form itu untuk diletakkan di halaman statis.Pilih Embed Code.

7. Apabila sudah dicopy codenya, buka dashboard blogger kalian. Kemudian buat laman baru untuk halaman kontaknya. Seperti gambar dibawah ini


 8. Jika sudah publikasikan dan jangan lupa ditambilkan halaman statisnya. Bagi yang belum tahu cara menampilkan halaman statis baca artikel dibawah ini.
Baca Juga : Cara Menampilkan Halaman Statis di Blog
Hasilnya kurang lebih seperti ini ya :) https://yogikeling.blogspot.co.id/p/formulir-kontak.html


Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Catatan :
Ohiya lupa saya jelaskan. Apabila ada orang yang memberi komentar atau yang lainnya melalui form itu. Maka data yang dia kirimkan akan otomatis masuk keemail kita.

Sekian tutorial tentang cara membuat form kontak keren mudah. Semoga halaman blog kalian menjadi lebih lengkap dengan adanya halaman kontak ini. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kita semua ya.
Sampai bertemu di artikel selanjutnya..

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Mudah Membuat Formulir Kontak di Blog"

  1. Bagus juga pakai ini, cuma kalau saya masih pilih widget bawaan blogger, karena jelas unlimited, tanpa batasan dan scriptnya jadi satu dengan blogger, tanpa widget itu juga diload, kan mending dipakai gak nambah load script dari pihak ketiga.

    Bagus tutorialnya.

    ReplyDelete