Pengertian Simple Queue Dan Queue Tree Pada Mikrotik


yogikeling.blogspot.com ~ Queue Tree dan Simple Queue ini bisanya digunakan pada warnet untuk membagi bandwidth agar setiap clien mendapat bandwith yang sama. Untuk artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang Pengertian Queue Tree dan Simple Queue. Mungkin artikel berikutnya saya akan memberikan tutorial cara membuatnya..

Pengertian Queue Tree
Quee Tree adalah salah satu fitur yang terdapat dalam mikrotik yang digunakan untuk mengatur jumlah bandwidth. Berfungsi untuk mengimplementasikan fungsi yang lebih komplex dalam limit bandwidth. Biasanya digunakan oleh admin warnet untuk membatasi satu arah koneksi untuk download maupun untuk upload. Cara membuat Queue Tree sering dibilang agak rumit oleh orang oleh karena itu orang lebih banyak memilih simple quee.

Queue Tree dirancang untuk menjalankan tugas yang lebih kompleks dan kita butuh pemahaman yang bagus teentang aliran trafik dan kita harus mengaktifkan fitur mangle pada firewall. Sedangkan Simple Queue kebanyakan digunakan untuk memudahkan konfigurasi.


Pengertian Simple Queue
Simple Queue merupakan salah satu cara yang sangat mudah untuk membagi bandwidth dari skala kecil sampai menengah. Simple queue ini biasanya digunakan untuk mengatur bandwidth upload dan download tiap user.


Perbedaan antara Simple Queue Dan Queue Tree :

1. Queue Tree
-  Lebih Flexsibel dan harus paham tentang mangle dan traffic control
-  Mampu membagi bandwidth secara fixed
-  Mendukung penggunaan PCQ sehingga dapat membagi bandwith secara merata
-  Mengatur aliran paket satu arah
-  Jarang orang yang memakai ini

2. Simple Queue
-  Mampu membatasi trafik berdasarkan alaamt IP
-  Memiliki aturan yang sangat ketat
-  Mengatur aliran paket secara dua arah
-  Mendukung penggunaan PCQ sehingga mampu membaci bandwidth secara merata
-  Bisa menerapkan antrian yang ditandai melalui paket mangle
-  Mampu mambagi bandwidth secara fixed
-  Pengaturanya lebih sederhana


Sekian artikel pengertian simple queue dan queue tree dari saya semoga kalian paham dalam memilih cara untuk membagi bandwidth. Kalo saya sih lebih memilih simple quee karena lebih gampang dan mudah. Jika ada kritik dan saran kirimkan dikolom komentar ya kawan..



Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Pengertian Simple Queue Dan Queue Tree Pada Mikrotik"